SWAP DI HP ANDROID

APA SIH SWAP ITU ...???!@#$%^&&#@@

Swap, kalo diartiin ke bahasa artinya adalah tuker. Di android Swap memiliki arti yg sama, dengan penjelasan : Swap berfungsi sebagai Virtual RAM dimana tugasnya menyimpan [Tuker] aplikasi yang ada di Belakang [Background/Ngumpet/Gk Aktif/Bekas dipake].

Contoh kasus:

-RAM 512MB Swap 256MB.
-Aplikasi Aktif Facebook 50MB
-Pencet Home terus buka Asphalt8 450MB [Facebook Jalan di belakang]
-Karena sisa ram gak cukup, maka facebook yg 50MB tadi otomatis masuk Ke SWAP.
-ini berarti masih ada sisa pisikal RAM yg kosong supaya dimaksimalkan oleh asphalt8 tadi.

Apa untung nya pake swap "??
Jika partisi swap mencukupi, semua aplikasi yang masih bisa di handle oleh RAM & SWAP tidak akan Restart.
Contoh kasus:
-Buka Chrome 6 TAB masing2 tab buka situs yg berbeda.
-Pencet Home
-Buka aplikasi lain [notepad kopas tulisan dll]
-Balik ke Chrome.
-Apa yg terjadi?

Kalo gk pake Swap, tiap TAB di chrome akan me-reload [refresh/download ulang halaman], sementara bagi yg pake SWAP, tab chrome akan tetap seperti apa yg terlihat sebelum kita tinggalkan tadi. 

dari kasus chrome tadi, tentu kita diuntungkan dengan adanya penghematan bandwitch karena halaman tidak di download ulang.

Kerugian memakai swap apa ni??
Melalui perkembangan teknologi, Swap bisa dilakukan bukan cuma di SDCARD aja, bisa juga di partisi /cache /data /system experimental, dont try this at home :p

-Bagaimanapun bentuk class dari SDCARD kalian, kemampuan R/W [read write/baca tulis] dibanding RAM sangat jauh ketinggalanya, contoh vgen yg biasa itu cuma 4MB/s.

Efeknya akan berasa kalo manggil aplikasi yg sebelumnya kita gunakan, akan ada LAG/lemot beberapa detik karena aplikasi tsb berada di SWAP dan akan di pindahkan ke RAM.

Sementara untuk kasus yg pake swap pake internal Memory /data /system /cache sedikit diuntungkan karena proses baca tulis lebih besar dari SD 14-20MB/s


-Swap memperpendek umur SDCARD/Internal?
dikarenakan proses R/W yg konstant/terus menerus, di khawatirkan akan menurunkan umur dari tempat yg di jadikan swap tsb.

hal ini dikarenakan SDCARD/Internal [SSD] punya batasan berapa kali dia bisa baca tulis [life cycle beda2 ], sebelum terkena bad sector.
misalkan dari normalnya cuma 10tahun jadi bisa 1tahun atau bahkan 30hari.


agak sulit emang kalo ngitung ginian, tapi sejauh yg ane tau, USB Flash Disk yg paling jelek aja punya batasan 10.000x baca tulis.

misal kapasitas itu SD 1GB kita masukin file 500MB bukan berarti dia udah nulis 1x ato 500x, tapi kalo kita delet file di sd 500MB terus kita masukin lagi 500MB itu kehitung 1x, kenapa? karena write/erase cycle biasanya end to end / kalo ada file masuk, file yg dihapus belum tertimpa dengan file baru, melainkan di taro di belakang sector file yg tadi dihapus, kalo udah mentok semua baru dia delete / erase blok yg paling atas.
btw mungkin ada yg lebih tau tentang lifespan ini disini.



NB:
-Aplikasi swap yg umum di gunain disini adalh RAM Expander, untuk yg gk mau swap pake sdcard bisa pake script init.d punya Delta Roh di XDA [bagi yg ngerti aja]
-Swappiness berarti kapan swap akan digunakan. swap 100 bearti semua aplikasi background akan di simpan di SWAP, swap 20 berarti jika ram sisa 20% maka swap akan digunakan untuk menampung aplikasi background.

sekian dulu gan ....





thx to : komunitas Oppo





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SWAP DI HP ANDROID"